Senin, 07 Agustus 2017

Tempat Wisata di Banten

Tempat Wisata di Banten Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Banten merupakan salah satu provinsi yang memiliki perkembangan cukup pesat. Provinsi ini termasuk baru, karena dahulunya merupakan bagian dari Jawa Barat sebelum tahun 2000.
Pusat pemerintahan provinsi Banten ada di Serang. Banten sendiri sudah terkenal sejak dahulu sebagai pelabuhan yang sangat ramai, sehingga tidak heran kalau perkembangan industri di sini sangat pesat.

Banten dahulunya dikenal dengan nama Bantam. Merupakan bagian dari kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5. Sekarang mari kita bahas topik utama seputar tempat wisata di Banten. Salah satu pantai yang paling terkenal di Banten adalah pantai Anyer, pantai ini menjadi salah satu pantai favorit keluarga, lokasinya adai di Serang.

Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini selengkapnya Tempat Wisata di Banten yang Paling Menarik dan Wajib untuk Dikunjungi jika Anda sedang atau akan berlibur ke Banten yang berhasil Dambiro Tour & Travel rangkum:

1. Pantai Anyer Banten
Sebagaimana sudah disebutkan di atas, pantai Anyer menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Banten. Pantai ini selalu ramai oleh wisatawan, baik lokal maupun di luar Banten. Apalagi kalau akhir pekan, pantai ini dipadati keluarga yang ingin menghabiskan liburan untuk bermain di pantai ini. Biasanya warga Jakarta juga menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata di Banten bersama keluarga atau rekan kantor untuk menghilangkan penat selama bekerja seminggu penuh.


Pantai ini lokasinya berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pasir pantai Anyer bersih dan putih serta halus, sangat wajar jika wisatawan menjadikan pantai ini tujuan liburan mereka. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer. Atau Anda ingin Dambiro Tour & Travel menjadi teman berlibur Anda? Dambiro Tour & Travel mempunyai harga penawaran khusus untuk berwisata keliling Banten. Ada banyak paket pilihan yang dapat di tawarkan, termasuk kegiatan Outbound dan Event yang dapat Dambiro Tour & Travel berikan.

2. Pantai Carita
Pantai Carita memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih, sehingga membuat pantai ini menjadi salah satu yang terbaik di Banten. Lokasinya di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang,


Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Di pantai ini Anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita adalah ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti selayaknya kawasan wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi Anda tidak perlu kuatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitar 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita adalah tempat wisata di sekitar Jakarta yang cocok untuk Anda kunjungi dikala bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.

3. Pantai Karang Bolong
Satu lagi pantai unik yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu pantai karang bolong.
Dinamai pantai karang bolong karena ada bagian karang seperti terowongan di pantai ini.


Letaknya 40 KM dari kota Serang, Banten, dekat dengan Pantai Anyer. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di Pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan Anda. Menurut saya Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai yang paling unik di Banten.

4. Pantai Sawarna di Banten
Pantai di Banten selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Sawarna. Pantai ini memang masih tergolong baru di eksploitasi dan belum se terkenal pantai Anyer, namun keindahan pantai ini juga sangat menawan.


Lokasi Pantai Sawarna ada di Sawarna, Pantai Sawarna berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung. Biasanya wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar. Sekarang ini sudah banyak penginapan di sekitar Pantai Sawarna jadi sangat mudah berwisata di Pantai Sawarna.

5. Pantai Tanjung Lesung
Objek wisata di Banten yang tidak kalau menariknya adalah Pantai Tanjung Lesung. Tanjung Lesung juga memiliki keindahan pantai yang mempesona, pasir pantainya yang putih bersih pasti akan membuat kita betah berlama-lama di sini.


Lokasinya berjarak sekitar 108 km dari Jakarta. Anda bisa bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di villa yang sangat bagus. Apabila Anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar. Pantai ini adalah salah satu yang terbaik di Barat pulau Jawa, lokasinya ada di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang harus Anda kunjungi.
Baca Juga : Tempat wisata menarik lainnya di Cianjur

6. Gunung Krakatau Banten
Destinasi wisata di Banten selanjutnya adalah Gunung Krakatau, gunung ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, apalagi kalau Anda hobi mendaki gunung. Gunung ini sejarah yang cukup panjang, pernah meletus dan menyebabkan bencana yang dahsyat, bahkan sampai ke mancanegara.


Jika Anda berminat mendaki gunung Krakatau, Anda bisa mencoba fasilitas dari Dambiro Tour & Travel, penawaran pengalaman mendaki seru mulai dari paket 1 hari, hingga paket 4 hari yang dapat Dambiro Tour & Travel berikan.

7. Kampung Baduy Banten
Tempat wisata seru di Banten selanjutnya adalah kampung Baduy di Lebak Banten. Kampung Baduy di Lebak ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Banten. Masyarakat Baduy masih menjaga adat dan budaya sunda dengan kental .


Suku ini merupakan suku asli Banten. Anda ingin berwisata ke kampungan Baduy? Dambiro Tour & Travel dapat membantu Anda untuk dapat berwisata keliling Banten termasuk mengunjungi kampung baduy ini. Setidaknya ada 8000 jiwa di desa yang terbagi menjadi Baduy Dalam dan Baduy Luar ini. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar. Hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel di nomor telepon yang tertera di akhir artikel ini dan dapatkan harga penawarannya.

8. Pulau Umang Banten
Pulau Umang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten yang tidak boleh Anda Lewatkan. Lokasinya ada berdekatan dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta.
Pulau ini memiliki luas 5 Ha dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta.


Liburan di pulau ini pasti sangat menyenangkan, ada banyak fasilitas yang dimiliki Pulau Umang, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Apabila Anda berminat untuk berwisata ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya. Anda juga bisa mengandalkan jasa wisata Dambiro Tour & Travel yang memberikan paket wisata pilihannya. Dengan Dambiro Tour & Travel Anda sudah tidak usah repot - repot cari hotel, lokal resto dan semua kebutuhan berwisata Anda, karna semua yang Anda butuh kan selama perjalanan berwisata akan di sediakan oleh Dambiro Tour & Travel.

9. Pulau Dua / Pulau Burung di Banten
Liburan Seru ke Pulau Dua atau Pulau Burung di Banten
Tempat wisata selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pulau dua atau pulau Burung. Pulau ini menjadi favorit wisatawan karena cagar alam seluas 30 Ha ini menjadi rumah bagi banyak burung.


Cagar alam pulau dua atau pulau burung secara administratif berada di desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten. Jaraknya tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 30 Km dari Kota Serang. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

10. Masjid Agung Banten
Saat Anda berkunjung ke Banten, maka Anda harus mampir di Masjid Agung Banten, terutama yang muslim. Masjid ini merupakan bangunan sejarah yang sudah berdiri sejak 1569 dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Bangunan masjid ini memiliki gaya arsitektur Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Masjid ini terkenal dari menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar.


Bukan hanya Masjid saja yang dapat ditemui di lokasi ini, melainkan juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di Banten. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohar. Sementara di sisi utara serambi selatan terdapat makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin. Selain ramai dikunjungi penziarah dan umat Islam, Masjid Agung Banten setiap harinya juga ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan sejarah Islam.

11. Rawa Dano
Danau atau Rano menjadi tempat wisata yang seru untuk kita kunjungi. Lokasinya berada di Kabupaten Serang dengan jarak sekitar 100 KM dari Jakarta, Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata di Banten yang menawarkan keindahan alam.


Rawa Dano sesuai dengan namanya, adalah kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Di tempat seluas kurang lebih 2,500 hektar ini, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

12. Danau Tasikardi
Danau Tasikrandi menjadi salah satu destinasi wisata di Banten yang tidak boleh Anda lewatkan, lokasinya ada di Kecamatan Kramatwatu adalah salah satu peninggalan Sultan Banten dengan luas sekitar 5 hektar. Danau Tasikardi dulunya digunakan sebagai sebuah tempat rekreasi bagi keluarga Sultan, namun sekarang sudah menjadi tempat wisata di Banten yang bebas untuk umum.


Jarak danau ini sekitar 6 km di sebalah barat kota Serang, Danau Tasikardi juga berfungsi sebagai penampung air Sungai Cibanten dan juga untuk mengairi sawah. Yang dapat Anda lakukan di Danau Tasikardi adalah memancing, berkemah, bermain perahu air, menikmati suasana sejuk, hingga menyeberang ke tengah danau untuk mengunjungi pulau yang memiliki peninggalan Sultan Banten. Kunjungi juga tempat wisata yang mengasyikkan di Sukabumi

13. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman nasional ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banten dan sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasinya di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa.


Kegiatan utama yang dapat dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak. Taman Nasional Ujung Kulon mengajarkan kita suatu hal penting yaitu pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar kita.

14. Objek Wisata Pantai dan Pelabuhan Merak Banten


Di Pelabuhan merak Anda dapat melihat aktivitas hilir mudik kapal, selain itu pemandangannya juga sangat menawan, apalagi kalau sore menjelang malam hari. Selain itu, di dekat pantai pelabuhan ratu juga terdapat sebuah pulau yang menarik untuk kita kunjungi, Pulorida, yang lokasinya tidak jauh dari pantai, Anda bisa menggunakan perahu yang dapat di sewa untuk menuju tempat ini, tetapi Anda diyakinkan tidak akan menyesal menuju tempat ini karena dukungan panorama indah yang Anda dapat nikmati di tempat ini.

15. Curug Cihear Banten
Banten ternyata juga memiliki Curug / air terjun yang keren. Ada beberapa air terjun yang menarik untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Curug Cihear  yang ada di Gunung Leutik di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong kabupaten Lebak.


Curug Cihear merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan indah, dengan aliran air yang sangat deras mencapai ketinggian 25 meter, dengan lebar sekitar 6 meter. Curug ini berdekatan dengan wisata Arung Jeram Sungai Ciberang, ditempuh dengan jarak 5 km melalui jalur pendakian dari kampung Muhara selama 3 jam, dan 1,5 km dari Desa Cigobang dengan waktu 1 Jam. Panorama Kawasan Gunung Halimun Salak dapat Anda nikmati sepanjang perjalanan menuju Curug Cihear, dengan pemandangan hamparan flora yang indah. Selain menikmati pemandangan, Anda juga dapat menjumpai berbagi fauna langka seperti : Elang Jawa, Monyet, dll. Curug Cihear dikelilingi pula oleh air terjun kecil lainnya menambah indahnya bunyi alam pegunungan.

16. Curug Gendang
Satu lagi air terjun di Banten yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu Curug Gendang. Masyarakat menamai Curug gendang karena suara air terjunnya yang mirip dengan suara gendang atau tambur, masyarakat setempat kemudian menamainya Curug Gendang. Curug Gendang ini memiliki terjunan air setinggi 7 meter dengan kedalaman kolamnya 13 meter dan luas 10 meter


Konon kawasan Curug Gendang merupakan tempat yang cukup bersejarah bagi perjuangan bangsa pada masa penjajahan Belanda dahulu karena sempat dipakai sebagai wilayah persembunyian para pahlawan saat peperangan. Keindahan Curug ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Anda tertarik untuk mengunjungi Curug ini? Segera hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel untuk mendapatkan paket perjalanan wisata yang menarik dan tidak akan terlewatkan.

17. Curug Putri
Satu lagi air terjun yang keren di Banten yaitu Curug putri. Lokasinya ada di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Curug dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti Air Terjun. Terletak di kawasan Gunung Pulosari membuat lokasi Curug ini berada di tempat ketinggian, sehingga untuk mencapainya memerlukan pendakian yang berliku dan stamina yang prima, namun dengan keindahan alam pegunungan pulosari yang di kelilingi oleh hamparan hutan tropis, pendakian tidak akan terasa melelahkan karena pengunjung akan disuguhi keindahan alam yang menakjubkan, serta sumber air terjun yang sangat dingin.


Wisata ini cocok bagi pengunjung yang mencintai lintas alam, fotografi, hiking, sepeda gunung bahkan untuk rekreasi. Untuk memacu adrenalin, perjalanan dapat diteruskan sekitar sepanjang 800 meter menuju Kawah Pulosari, selain wisata air terjun dan kawah di desa Cilentung terdapat pula objek potensial lainnya yaitu sumber air panas. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 25 Km dari pusat Kota Pandeglang dengan rute Kota Pandeglang – Mengger menuju Mandalawangi – Cilentung – Curug Putri.

18. Pamandian Air Panas Cisolong
Banten juga punya tempat pemandian air panas lo. Lokasinya ada di Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang – Banten.


Pemandian air panas Cisolong ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten. Pemandian ini banyak dikunjungi para pelancong khususnya pada waktu libur. Bila kita mau berkunjung ke pemandian ini tidaklah sulit. Sebab lokasinya tidak jauh dari kota Pandeglang sekitar 10 KM. Bila  dari jalan raya Pandeglang – Labuan sekitar 5 KM.

19. Wahana Bermain Water World Citra Raya di Tengerang Banten
Lokasinya ada di Perum Citra Raya, JL. Citra Raya Boulevard Blok K H 01/01 Sektor 3.1 Madigras – Citra Raya Cikupa TANGERANG 15710

 
Ada banyak wahana permainan di sini, seperti:
1. Kolam Pasir : Wahana di mana keluarga khususnya anak-anak bisa menikmati permainan layaknya bermain di pinggir pantai.
2. Petualangan air : Wahana ini adalah permainan semacam Outbound yang berada di atas kolam air, dan permainan ini memberikan tantangan dan petualangan tersendiri bagi anak-anak  yang dapat juga melatih keseimbangan dan syaraf motoriknya
3. Istana Ceria : Merupakan wahana permainan soft play di mana anak-anak dapat melakukan permainan dengan segala bentuk kegiatan dari memanjat, memasuki lorong, hingga bermainan di dalam kolam bola.

20. Wisata Pemandian Cikoromoy Banten
Pemandian Wisata Cikoromoy merupakan tempat pemandian yang sangat sederhana yang di sekitarnya dikelilingi oleh warung - warung lesehan yang menjajakan makanan dari hasil tangkap ikan air tawar seperti ikan bakar, ikan goreng dll.


Baca Juga : Tempat wisata seru di Jakarta
Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera mengunjungi tempat-tempat di atas bukan? semoga bisa membantu dan menjadi panduan wisata di Banten untuk Anda dan keluarga atau pasangan tercinta. Untuk mendapatkan perjalanan wisata yang menarik, tentunya Dambiro Tour & Travel dapat selalu memberikan paket wisata lengkapnya. Oleh karena itu hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel segera untuk mendapatkan harga menariknya.

Untuk Pemesanan & informasi lebih lanjut hubungi :
Tlp / SMS / WA  :  081519455507
Tlp / SMS / WA  :  082311940465
Tlp                    :  021 - 89323923
Alamat              :  Jl. Raya Industri Jababeka No. 6E (Samping RS. Medirossa) Tegal Gede, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia

Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya