Senin, 07 Agustus 2017

Tempat Wisata di Brebes

Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Dikunjungi

Brebes adalah kabupaten di Jawa Tengah yang letaknya paling barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon yang sudah masuk dalam wilayah Jawa Barat. Brebes biasa dijuluki sebagai Kota Bawang karena sebagian besar penduduk diwilayah ini bermata pencaharian sebagai petani bawang. Yang paling unik dari kabupaten ini adalah pemakaian bahasa yang berbeda di beberapa wilayahnya, yaitu Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda atau bahkan bahasa campuran keduanya. Di Brebes juga terkenal dengan pembuatan telur asinnya. Ada banyak warung - warung yang menjual telur asin khas Brebes ini.

Inilah beberapa tempat wisata di Brebes yang paling menarik dan wajib untuk di kunjungi :

1. Kaligua
Agrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di tempat ini antara lain kebun teh, Telaga Ranjang, Goa Jepang, Dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu di tempat ini juga terdapat beberapa permainan Outbond yang bisa dicoba untuk menguji adrenalin.


Wisata agro Kaligua terletak sekitar 10 kilometer dari arah kota Kecamatan Paguyangan atau sekitar 15 kilometer dari Bumiayu. Transportasi menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur Pantura via Brebes atau Tegal - Bumiayu - Kaligua, Cirebon - Bumiayu - Kaligua, dan jalur selatan via Purwokerto - Paguyangan - Kaligua. Jalur tersebut melalui jalan utama Tegal - Purwokerto, tepat masuk lewat pertigaan Kaligua, Kretek. Jalan antara Paguyangan - Kaligua berkelok-kelok dan naik-turun.

2. Waduk Malahayu
Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo Kab. Brebes - Jawa Tengah ± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dari Tanjung. Waduk ini sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda dahulu. Selain digunakan sebagai pengendali di Kabupaten Brebes dan sekitarnya juga difungsikan sebagai tempat wisata. Waduk Malahayu dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau.


Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930. Fungsi waduk ini di samping sebagai sarana irigasi lahan pertanian wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulalakamba juga sebagai pengontrol banjir serta dimanfaatkan untuk rekreasi. Di objek wisata ini dapat ditemukan panorama alam pegunungan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas dan telah dijadikan bumi perkemahan dan wana wisata.

3. Curug Putri
Curug Putri terletak di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes - Jawa Tengah. Ketinggian Curug Putri mencapai 35 meter dan di hiasi dengan tebing batu yang sisi - sisinya membentuk ukiran alami.


Sebelumnya Curug Putri memiliki dua pancuran air yang juga sering disebut Curug kembar. Namun seiring perjalanannya, debit air semakin mengecil sehingga hanya menyisakan satu air terjun. Akses menuju Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal - Purwokerto.
Bagaimana? Cukup menarik bukan? Dambiro Tour & Travel bisa membantu Anda untuk berwisata keliling Brebes. Anda cukup menghubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel di nomor telepon yang tertera di akhir artikel ini. Mari kita simak tempat wisata menarik lainnya.

4. Pemandian Air Panas Tirta Husada
Pemandian Air Panas Tirta Husada terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung yang berjarak sekitar 75 km dari pusat kota. Pemandian air panas ini dikelilingi hutan pinus dan perbukitan yang hijau. Dipercaya bahwa dengan mandi di tempat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.


Kedungoleng adalah desa di kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Kedungoleng secara Geografis terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kedungoleng Bagian Barat dan Kedungoleng Bagian Timur di mana pembatasnya adalah sebuah hutan pinus, warga Kedungoleng menyebutnya Igir Kenanthi (profil Desa Kedungoleng).

5. Ciblon Waterboom
Ciblon Waterboom adalah salah satu tempat permainan air modern yang ada di Brebes. Ciblon Waterboom terletak di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes. Ada berbagai jenis permainan air yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.


Sarana yang dimiliki Ciblon Waterboom berupa permainan ember tumpah dengan kedalaman kolam setengah meter. Selain itu, ada lintasan kolam biasa dengan kedalaman antara 1,5 hingga 1,8 meter juga ada Slider (sorotan) yang memiliki ketinggian hingga 12 meter dan kedalaman kolam sampai 50 hingga 60 meter. Dilengkapi juga dengan fasilitas sauna, fitnes, senam aerobik, Cafe. Selain itu terdapat gazebo untuk para pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas. Kunjungi juga tempat wisata menarik lainnya di Garut

6. Pantai Randusanga
Pantai Randusanga terletak di Desa Randusanga Kulon yang terletak sekitar 7 km dari jalur pantura. Di pantai ini kita bisa menikmati pemandangan yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Yang paling unik adalah saat menuju ke pantai ini kita akan disuguhi pemandangan perkebunan bawang milik penduduk yang menghampar luas.


Obyek wisata ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes yang dibangun sekitar tahun 2001, dan untuk saat ini keberadaannya dikelola oleh Kantor Pariwisata Kabupaten Brebes. Di lokasi pantainya sendiri akan dijumpai panorama pantai yang masih alami disertai fasilitas mainan anak, mandi laut, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Menjelang senja hari, para pengunjung dapat menikmati indahnya panorama terbenamnya matahari di cakrawala pantai.

7. Candi Pangkuan
Di Brebes juga terdapat Candi yang tidak kalah bagusnya dengan Candi - Candi yang berada di kota lainnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan terletak di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan. Candi ini terletak di tengah hutan yang masih hijau. Selain candi tersebut di tempat ini kita bisa melihat banyak sekali gerombolan keran yang sedang bermain. Di sini kita juga dapat menikmati keindahan alam yang berada di sekitarnya.


Candi Pangkuan konon sudah lama sekali keberadaannya, hampir ratusan tahun yang lalu. Candi pangkuan di temukan oleh penduduk pribumi pada sekitar tahun 1965. Sejarah Candi Pangkuan tidak begitu jelas karena tidak ada catatan khusus yang menjelaskan itu, sejarahnya hanya di wariskan dari cerita turun temurun

8. Desa Wisata Ciseureuh
Desa Wisata Ciseureuh terletak di kaki Gunung Kumbang tepatnya di Padukuhan Jalawastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan. Pada setiap hari Selasa Kliwon di desa ini akan diadakan upacara adat yang biasa dikenal dengan nama Upacara Ngasa. Upacara ini diselenggarakan sebagai simbol upacara syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan.


Uniknya, dalam acara tersebut semua sesaji dan perjamuan tidak diperkenankan menggunakan bahan baku beras dan daging. Semua bahan terbuat dari jagung, seperti nasi jagung (jagung yang ditumbuk halus) beserta lauk pauk berupa umbi-umbian. Selama upacara berlangsung, warga Jalawastu maupun warga lain yang ikut ritual perayaan Ngasa tidak boleh makan nasi dan daging. Semua makanan yang boleh dimakan berasal dari tumbuh-tumbuhan dan nasi dari jagung. Penyuguhannya juga tidak boleh menggunakan bahan kaca seperti piring maupun gelas. Sebab semuanya diharamkan di tanah Jalawastu tersebut. Alat makan yang boleh dipakai adalah piring berbahan seng, daun, dan alat makan berbahan plastik.
Sungguh unik bukan? Dambiro Tour & Travel dapat mengemas seluruh tempat wisata menarik yang Anda inginkan dalam satu perjalanan. 1 hari, 2 hari atau 3 hari Anda ingin berkeliling berwisata di Brebes dapat kami sajikan, segera hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel di nomor telepon yang tertera di akhir artikel ini.

9. Waduk Penjalin
Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan. Waduk ini memiliki luas sekitar 1,25 km persegi. Waduk Penjalin dibangun pada tahun 1930 oleh Pemerintah Belanda bersamaan waktunya dengan pembangunan Waduk Malahayu. Air waduk ini digunakan untuk mensuplai irigasi di Sungai Pemali.


Waduk Penjalin di tujukan untuk mencegah kekeringan di musim kemarau dan banjir di musim hujan yang fungsi utamanya untuk irigasi pengairan untuk perkebunan dan pertanian di wilayah Kabupaten Brebes dan sekitarnya. Dengan adanya pengairan tersebut maka potensi pertanian Beras Hitam Brebes masih ada dan berkembang sampai sekarang. Dan pembibitan pohon buah Tin bisa berkembang dengan subur di daerah Waduk Penjalin Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

10. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Pemandian Air Panas Cipanas Buaran terletak di Desa Pengebatan, Kecamatan Bantarkawung dan berjarak sekitar 70 km dari pusat kota. Sama seperti Pemandian Air Panas Tirta Husada tempat ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan perbukitan yang masih hijau. Selain itu di tempat ini kita juga masih bisa menikmati udara yang sangat sejuk.


Cipanas yang merupakan destinasi pilihan di daerah Brebes bagian selatan tersebut akan didandani agar lebih cantik dengan melengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung.

11. Ranto Canyon
Di Brebes - Jawa Tengah juga terdapat Green Canyon seperti di USA. Wilayah pegunungan di Kabupaten Brebes bagian selatan, Jawa Tengah, memiliki sejumlah pesona wisata eksotis dengan sejuta keindahan alam yang dimiliki. Salah satunya adalah Ranto Canyon yang terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes. Ranto Canyon menambah jumlah tempat lokasi wisata sungai di bawah tebing besar yang berada di Indonesia, seperti yang telah kita ketahui juga berada di Tasikmalaya dan juga di Karawang - Jawa Barat.


Ranto canyon memiliki track sepanjang 769 meter. Di tengah perjalanan wisatawan akan menemui air terjun yang begitu menakjubkan. Air yang jatuh dari ketinggian 20 meter ini nampak seperti butiran air hujan. Kepala Bidang Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Brebes Supriyono mengatakan, kawasan Ranto Canyon akan dikembangkan secara profesional oleh pemerintah Kabupaten Brebes menjadi Desa Wisata. Jangan lupa untuk berkunjung di tempat wisata yang sangat menarik di Purwakarta

Sangat menarik semua bukan? sampai di sini ulasan tempat wisata di Brebes yang dapat Dambiro Tour & Travel informasikan. Kami tunggu pengalaman wisata menarik Anda bersama Dambiro Tour & Travel. Informasikan juga kepada pengunjung yang lain tentang tempat wisata menarik lainnya di Brebes melalui kolom komentar. Semoga informasi yang kita berikan dapat bermanfaat untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Brebes.

Untuk Pemesanan & informasi lebih lanjut hubungi :
Tlp / SMS / WA  :  081519455507
Tlp / SMS / WA  :  082311940465
Tlp                    :  021 - 89323923
Alamat              :  Jl. Raya Industri Jababeka No. 6E (Samping RS. Medirossa) Tegal Gede, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia

Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya