Rabu, 13 April 2016

Tempat Wisata di Karawang

Tempat Wisata di Karawang - Jawa Barat yang tidak boleh di lewatkan

Halo sahabat wisatawan, masih tetap bersama Dambiro Tour & Travel. Setelah membahas cukup banyak tempat wisata di Indonesia, kali ini Dambiro Tour & Travel akan membahas tempat wisata kota asal orang yang selalu menemani sang penulis dalam hidupnya :-) yaitu Karawang. Kabupaten ini berbatasan oleh beberapa Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia, yaitu Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan. Sebelum kita bahas apa saja tempat wisata di Karawang ada baiknya kita sedikit berkenalan dengan Kabupaten ini. Karawang memiliki luas 1.737,53 km2, dengan jumlah penduduk 2.125.234 jiwa (sensus 2010). Nama Kabupaten ini cukup unik artinya, Kerawang atau Kerowong yang berarti “penuh dengan lubang”.

Tempat Wisata di Kerawang Paling Populer

Berikut ini Dambiro Tour & Travel rangkum dalam tempat wisata di Kerawang yang bisa Anda kunjungi. Ada banyak sekali destinasi wisata di Karawang yang layak Anda jadikan tujuan liburan bersama keluarga atau orang tercinta. Ada banyak pilihan tempat wisata di Karawang, ada pantai, Curug atau air terjun, ada tempat makan, bahkan ada Candi juga di Karawang. Penasaran? Ini dia tempat wisata di Karawang yang wajib Anda kunjungi :

1. Pantai Tanjung Baru Karawang
Tempat wisata di Karawang yang pertama adalah pantai tanjung baru, pantai ini lokasinya ada di semenanjung antara Kab. Subang dan Kab. Karawang. Pantai ini layak Anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga kalau mengunjungi Kerawang. Di pinggir pantai ini Anda juga dapat menikmati aneka kuliner di pinggir pantai ini. Aneka kuliner lezat bisa Anda santap setelah bermain di pasir pantai atau setelah mandi-mandi di pantai.


Pantai yang indah ini menjadi salah satu tujuan wisata di Karawang yang tidak boleh dilewatkan. Di sekitar pantai ini juga ada banyak penginapan yang bisa Anda jadikan tempat menginap, nyaman dan di lengkapi dengan fasilitas Air Conditioner (AC). Lokasi Pantai Tanjung Baru di Kecamatan Cilamaya sekitar 45 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

2. Pantai Tanjung Pakis
Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pakis yang terkenal di Karawang. Pantai ini terletak di Unjung utara Karawang. Pantai ini selalu ramai saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Pasir pantainya yang putih serta ombaknya yang relatif tenang dan indah membuat wisatawan betah mandi-mandi di sini.


Di sini kita juga bisa menyewa ban untuk bermain air. Sangat cocok sekali untuk liburan bersama anak-anak. Anak-anak dijamin betah main di sini. Di pinggir pantai juga berjejer penjual makanan sehingga Anda tidak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah. Lokasi Pantai Tanjung Pakis di Kecamatan Pakisjaya sekitar 70 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

3. Pantai Samudera Baru
Selain pantai pakis, Pantai Samudera baru juga menjadi wisata pantai di Karawang yang selalu ramai saat akhir pekan. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga anak-anak bisa bermain pasir sepuasnya. Di sini juga terdapat banyak rumah makan yang menyajikan banyak pilihan ikan bakar. Jadi, jika Anda tidak ingin berbasah - basahan dan hanya memantau anak - anak yang sedang bermain di pantai, Anda bisa sambil menikmati sedapnya ikan bakar di pinggiran Pantai Samudera Baru ini.


Pasir pantai Samudera Baru memang tidak seputih pantai pakis, namun sensasi bermain di pantai Samudera Baru tidak kalau serunya karena pantai di sini luas dan landai. Lokasi Pantai Samudera Baru di Kecamatan Pedes sekitar 30 km dari Ibu Kota Kab. Karawang. Cukup banyak juga bukan pantai yang berada di Karawang? Bila Anda ingin berwisata keliling Karawang, Anda bisa menghubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel di nomor telepon yang tertera di akhir artikel ini untuk mendapatkan paket wisata hematnya.

4. Curug Bandung
Ini dia air terjun paling terkenal di Karawang. Air terjun atau Curug Bandung merupakan tujuan wisata yang populer di Karawang. Air terjun ini sangat indah sekali, apalagi ada 7 buah air terjun yang menambah keeksotisan Curug Bandung. Bisa juga dibilang Curug badung merupakan salah satu keajaiban alam karena ada 7 air terjun dalam satu aliran sungai, mulai dari Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang paling besar adalah Curug Bandung.


Untuk mencapai Curug ini membutuhkan perjuangan yang setimpal, kita harus berjalan 3 km, selama perjalanan menuju Curug ini Anda akan disajikan pemandangan yang sangat indah, asri dan sejuk tentunya. Lokasi Curug Bandung terletak di Desa Mekarbuana Kec. Tegalwaru sekitar 42 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

5 Curug Cigeuntis
Selain Curug Bandung yang sangat indah, juga ada Curug Cigeuntis yang terletak di desa Mekarbuana yang harus Anda kunjungi. Air terjun ini ada di ketinggian kurang lebih 1000m DPL. Curug Cigeuntis memiliki ketinggian sekitar 25 meter.


Curug Cigeuntis adalah salah satu dari ke-7 tingkatan Curug yang ada di Gunung Loji, di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Curug ini memiliki bentuk yang sangat indah, sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasi di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru sekitar 44 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

6. Bermain ke Waterboom Kampung Wisata Curug Cigeuntis di Karawang
Anda ingin bermain air seru? di daerah kawasan Curug Cigeuntis juga terdapat Waterboom yang di kelola oleh swasta. Anda bisa liburan seru ke Waterboom dengan konsep water park dan view pegunungan menambah kental suasana beck to nature yang tidak akan pernah Anda temukan di daerah Karawang selain di Kampung Wisata Curug Cigeuntis ini.


Di sini terdapat banyak sekali wahana permainan, di sini juga bisa di adakan kegiatan Outbound yang bisa di selenggarakan oleh Dambiro Tour & Travel. Anda ingin melakukan kegiatan Outbound dengan kelompok di sini? tempatnya sangat alami, setelah melakukan kegiatan Outbound Anda juga bisa langsung menikmati keindahan Curug Cigeuntis. Hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel di nomor telepon yang tertera di akhir artikel ini untuk mendapatkan harga penawarannya.
Kunjungi juga tempat wisata yang unik di Subang

7. Curug Cipanundaan Karawang
Curug ini berada di kaki Gunung Sanggabuana dengan 3 buah Curug jadi satu dalam satu areal seperti tangga, di mana curahan air dari atas masuk ke kolam kesatu lalu turun lagi di kolam kedua dan selanjutnya turun lagi ke kolam ketiga.


Kondisi Curug ini masih alami. Di atas Curug Cipanundaan ini masih ada dua Curug lagi, yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Untuk menuju ke dua Curug ini cukup berat dan membutuhkan stamina yang prima karena lokasinya cukup jauh dengan melewati jalan setapak menelusuri sungai berbatu, meniti tebing yang naik turun, menerobos semak dan hutan belukar. Terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Aksesibilitas Berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Karawang. Jalan menuju ke Curug ini cukup menantang dengan jalan setapak yang berliku, naik turun, melewati sungai berbatu besar, sebelah kanan tebing dan sisi sebelah kiri jurang dengan sungai

8. Wisata Curug Cikarapyak di Karawang
Satu lagi air terjun yang bisa Anda kunjungi saat liburan di Karawang, yaitu Curug Cikarapyak. Curug ini berada di atas Curug Cipanundaan, perjalanan sangat berat karena hanya jalan setapak menelusuri sungai berbatu, menabir tebing naik turun, menerobos semak belukar dan hutan belukar. Perjalanan menuju Curug ini walaupun berat, kita akan melintasi Panorama Alam yang sangat mempesona, indah, alami dan banyak air terjun kecil yang berelif unik dan tak mungkin ada pada sungai sejenis di beberapa daerah lainnya di Indonesia.


Wisata ke Curug Cikarapyak hanyalah bagi orang - orang yang benar - benar mencintai Alam dan Petualang pencari tantangan alam yang ingin menikmati suasana hutan dengan keanekaragaman Flora dan Fauna yang orisinal. Lokasi Curug Cikarapyak terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, 42 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

9. Curug Cikoleangkak Karawang
Air terjun yang terakhir adalah Curug Cikoleangkak. Curug ini berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, sekira 42 km dari pusat kota Karawang. Posisi Curug Cikoleangkak berada paling atas di antara Curug lain pada alur sungai yang sama, di atas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan.


Akses ke lokasi Curug dikabarkan sangat berat, tidak untuk orang kebanyakan. Bukan hanya memerlukan stamina yang baik, namun juga keberanian dan ketrampilan melewati hutan perawan, sungai berbatu besar, semak belukar, dan tebing curam. Semoga saja akses ke Curug Cikoleangkak ini bisa segera dibuka oleh pemda setempat, sehingga keindahannya bisa dinikmati oleh orang kebanyakan. Lokasinya ada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.
Bagaimana? sampai pembahasan Pantai dan Curug di sini sudah membuat Anda ingin berwisata keliling Karawang? Dambiro Tour & Travel dapat membantu Anda untuk berwisata keliling Karawang.

Selanjutnya yang ingin Dambiro Tour & Travel ulas yaitu tentang Danau, ada danau apa sajakah di Karawang ini :
10. Danau Cipule Karawang
Dahulunya danau cipule merupakan lahan penambangan pasir. Namun kini danau ini dikembangkan menjadi salah satu objek wisata di Karawang. Danau ini sangat luas dan dalam, juga sangat indah. Di Danau ini Lomba Dayung pada PORPROV X JABAR dilaksanakan, dan juga pernah digunakan untuk Lomba Dayung YUNIOR ASEAN pada tahun 2006.


Lokasi Danau Cipule terletak di Desa Walahar, Kec. Ciampel sekitar 11 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.

11. Danau Kalimati Karawang
Dari namanya sangat seram ya, danau kalimati. Namun kalau sudah berada di lokasi kesan seram itu akan sirna. Karena danau kalimati ternyata emiliki keindahan yang luar biasa. Danau Kalimati terjadi karena Alam, di mana Kali Citarum berubah aliran dari berbelok menjadi lurus, sehingga bekas aliran sungai tersebut terbendung maka jadilah Danau yang panjang dan luas ini.


Di sekitar danau ini, tepatnya di bagian depan Danau kalimati ada banyak warung makan sederhana dengan Menu bervariasi, dari sate meranggi hingga jajanan umum seperti bakso dan lainnya, tersedia pula Warung Makan Lesehan dengan posisi menghadap ke arah Danau yang Panoramanya cukup Indah dan Nyaman. Lokasi Danau Kalimati terletak di  Desa Walahar, Kecamatan Klari 11 km dari Ibu Kota, Kabupaten Karawang.

12. Situ Kamojing di Karawang
Situ Kamojing ini merupakan daerah resapan air yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Karawang yang layak untuk Anda kunjungi. Danau atau Situ Kamojing adalah daerah resapan air, oleh karena itu jika Anda ingin mengunjungi danau ini di harapkan di musim hujan, karena jika Anda mengunjungi pada musim kemarau, danau ini tentunya kering tidak berair. Situ Kamojing berada di Kawasan Hutan Konservasi yang sering dijadikan Lokasi Shooting Film atau Sinetron.


Di sekitar Situ Kamojing telah berdiri Restoran dengan Gaya Klasik Modern juga tersedia ajang Rekreasi bagi Anak – anak dan Dewasa, di Lingkungan ini pula telah dibangun Hotel dengan Fasilitas Bintang Tiga. Lokasi Situ Kamojing terletak di Desa Dawuan Kecamatan Cikampek 22 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

13. Vihara Shia Jin Ku Po Karawang
Ada sebuah vihara di Karawang yang menarik untuk kita kunjungi, namanya vihara Shia Jin Ku Po. Lokasi vihara ini ada di desa Tanjung Pura, Kecamatan Karawang, 4km dari kota Karawang, yang disirukan pada tahun 1770 oleh tiga pendatang dari China bernama Tsee, Kau dan Lau.


14. Tempat Wisata Sejarah Situs Candi Jiwa di Karawang
Seperti yang di informasikan di awal artikel tadi, di Karawang juga memiliki Candi yang tidak kalah menariknya dengan Candi - Candi yang lain yang berada di Indonesia.

 
Candi Jiwa adalah sejarah panjang masa lalu di Karawang, salah satu peninggalan sejarah yang masih bisa kita lihat yang terletak di kompleks percandian Batujaya, yaitu sebuah kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno yang terletak di Kecamatan Batujaya dan kecamatan Pakisjaya. Akses menuju Candi ini cukup mudah, dari arah Jakarta / Bekasi menuju ke arah Rengasdengklok dengan rute Tanjung Pura. Dari Rengasdengklok menuju arah Pantai Pakis, dari jalur arah Pantai Pakis inilah kawasan percandian berada, posisinya di pertengahan persawahan warga.

15. Green Canyon di Karawang
Anda mau liburan ke Green Canyon? Di Karawang juga ada Green Canyon yang tidak kalah indah dari yang di US dan juga di Tasikmalaya. Lokasinya ada di Kampung Tonjong  Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Karawang, berbatasan dengan Kota Bogor.

 
Lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh masyarakat Karawang, bahkan belum banyak orang yang tahu. Akses ke Green Canyon Karawang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak tempuh waktu sekitar 1 jam dari perkampungan di Dusun Cipaga. Bagi Anda pencinta wisata alam, silahkan kunjungi tempat ini, dijamin Anda akan berdedak kagum dengan keindahan green canyon ala Karawang ini. Jangan lewatkan tempat wisata yang populer di Bekasi

16. Wisata Sejarah Monumen Rawagede Karawang
Saat liburan bersama keluarga, sempatkan juga untuk mengunjungi tempat bersejarah Monumen Ragede. Monumen ini dibangun untuk mengenang tewasnya 200 orang warga sipil yang teguh mempertahankan tempat persembunyian Pejuang Kemerdekaan, demi mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.


Dalam diorama ini digambarkan kebiadaban dan kekejaman Tentara Belanda yang sedang membantai rakyat yang tak berdosa, termasuk di antaranya anak-anak dan perempuan. Di lingkungan Monumen Rawa Gede ini terdapat 200 makam rakyat yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan.
Monumen Rawagede lokasinya terletak di pinggir sebelah utara jalan, Dusun Rawagede, Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Komplek monumen berpagar tembok. Lingkungan di sekitar monumen berupa perkampungan dan persawahan.

Kalau sudah ke Kerawang jangan lupa untuk menikmati berbagai kuliner lezatnya. Berikut ini beberapa di antaranya :
17. Tempat Wisata Kuliner Soto Gempol di Karawang
Yang pertama adalah soto gempol. Soto ini juga terkenal karena sudah ada sejak dulu. Tepatnya pada tahun 1980an. Namun walaupun Pak H. Abdul Yukur dan juga Ibu Hj. Fatimah menyediakan berbagai soto pada warung makannya, tetaplah menu andalannya soto gempol.


Soto ini di banderol dengan harga Rp.22.000,- per porsi. Nah buat kamu yang tertarik dan juga penasaran ingin mencicipinya maka kamu bisa datang ke jalan Rangga Gede No. 33 Karawang.

18. Tahu Bumbu Sari Rasa
Coba juga tahu bumbu sari rasa, camilan ini bisa Anda jumpai di jalan Dewi Sartika. Untuk menyantap tahu bumbu, nasi dan juga irisan lontong, kamu perlu merogoh kocek Rp.6.500,- Harga yang murah bukan? Oleh karena itu cobalah datang dan cicipi makanan ini.


19. Soto Tangkar Mang Nean
Salah satu soto yang sangat terkenal di Karawang adalah Soto Tangkar Mang Nean. Namanya seperti ayah mertua si penulis, hehehe


Kalau Anda tertarik ingin mencobanya silahkan datang saja ke jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping hotel Dewi, kamu bisa menemukan tempat makan yang menyediakan soto tengkar. Namanya soto tangkar Mang Nean.

20. Kue Gonjing
Satu lagi camilan khas Karawang yang bisa Anda coba, Kue gonjing, kalau di Jakarta disebut sebagai kue pancong, harganya sangat murah, hanya 500 sampai 100 per potongnya.


21. Tempat Wisata Belanja Mall Karawang Central Plaza
Kalau Anda ingin mencari tempat berbelanja berupa Mall, Anda bisa ke Mall Karawang Central Plaza yang berlokasi di kawasan Galuh Mas merupakan obyek wisata belanja dan kuliner yang akan memuaskan Anda dengan berbagai produk yang bisa Anda jadikan oleh – oleh setelah berkeliling menikmati keindahan berbagai obyek wisata di Karawang.


22. Taruma Leisure Water Park di Karawang
Satu lagi objek wisata keluarga yang tidak boleh kita lewatkan, yaitu Taruma Leisure Waterpark yang berlokasi di Jl. Tarumanegara | Perumahan Grand Taruma, Karawang 41361, Indonesia.


Ada banyak wahana di sini, berupa:
Water Slide : Terdiri dari 2 slide dengan bentuk yang berbeda tapi ketinggian yang sama. Pengunjung yang akan mencoba menaiki slide ini harus menggunakan ban single/double. Jalur yang berbelok-belok dan arus yang mendorong dapat menimbulkan keseruannya.
Kiddy Pool : Area untuk anak-anak dengan berbagai macam wahana seperti ember tumpah 4 slide dengan ketinggian yang berbeda-beda. Di kiddy pool ini anak-anak dapat bermain bebas karena ketinggian air hanya sebetis orang dewasa. Tetapi tetap saja anak-anak harus selalu dalam pengawasan orang dewasa.
Wave Pool : Kolam renang biasa tanpa ada wahana di sekitarnya, wave pool ketinggian air cukup dalam dan sangat cocok tempat bagi yang sedang belajar renang atau tujuan berenang untuk berolahraga.
Lazy river : Kolam yang mengeliling dengan air ombak. Pengunjung bisa hanya duduk di atas ban dan ombak akan mendorong membawa kita berkeliling.
Leisure pool : Wahana semprotan air  yang cukup kencang bisa digunakan terapi otot-otot.
Baca Juga : Tempat wisata menarik lainnya di Purwakarta

23. Wonderland Adventure Water Park Karawang
Satu lagi wahana yang bisa Anda jadikan tempat bermain bersama keluarga yaitu wonderland Adventure waterpark di Karawang.


Untuk masuknya kita hanya membayar hari biasa Rp35 ribu dan untuk akhir pekan Rp50 ribu. Bagi pemegang kartu Galuh Mas Privilege Card, promo spesial menanti Anda.

24. Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok di Karawang
Satu lagi tempat bersejarah yang menarik dikunjungi di Karawang, yaitu monumen kebulatan tekad Rengasdengklok. Kita tentu tau dengan peristiwa Rengasdengklok bukan? Di mana sejumlah pemuda ‘menculik’ Soekarno untuk mendesak golongan tua memproklamirkan kemerdekaan.


Lokasinya ada di Jl. Raya Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

25. Bendungan Walahar di Karawang
Satu lagi bendungan yang tidak boleh terlewatkan ialah Bendungan Walahar. Bendungan Walahar menjadi Tempat wisata di Karawang yang terakhir dari kami. Bendungan ini menjadi salah satu pilihan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga, lokasinya ada di Desa Walahar, Kec. Klari sekitar 10 km dari Ibu Kota Kab. Karawang.


Bendungan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, di mana dalam pembangunannya mengandalkan tenaga pribumi. Maka tidak heran jika arsitekturnya mengingatkan kita pada bentuk bangunan sisa penjajahan Belanda lainnya yang masih bisa kita temui di berbagai pelosok tanah air.
Bendungan yang membagi air Sungai Citarum ini difungsikan untuk mengatur debit dan sirkulasi air dalam mengairi areal persawahan di Karawang seluas ± 87.507 ha.
Baca Juga : Tempat wisata yang sangat menarik di Depok

Bagaimana? Anda sudah siap untuk berlibur di Karawang? Tunggu apalagi, segera hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel dan susun rencana liburan di Karawang bersama orang-orang tercinta. Itulah Tempat Wisata di Karawang yang Menarik Dikunjungi dari Dambiro Tour & Travel, semoga bisa menjadi referensi untuk liburan Anda dan keluarga. Jangan lupa juga ya untuk membagikan panduan wisata ini kepada teman dan kenalan Anda.

Untuk Pemesanan & informasi lebih lanjut hubungi :
Tlp / SMS / WA  :  081519455507
Tlp                       :  082311940465
Alamat                 :  Jl. Cikarang - Cibarusah No. 31 (Pintu Tol Cikarang Barat), Samping Baso / Rumah Makan 52 Cikarang Selatan - Bekasi 17530
Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya