Jumat, 13 Mei 2016

Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon menjadi salah satu Kota yang memiliki perkembangan yang sangat pesat, letaknya di Jawa Barat dan menjadi kota ketiga yang memiliki kemajuan yang luar biasa setelah Bandung dan Bekasi. Cirebon di kenal sebagai tempat para Sunan, ada banyak sekali peninggalan sejarah di Kota ini. Cirebon juga dikenal sebagai penghasil batik. Di bawah nanti juga akan Dambiro Tour & Travel ajak anda ke tempat pengrajin dan penjual batik terkenal di Cirebon. Sebelum kita kupas tempat wisata di Cirebon ada baiknya kalau kita sedikit berkenalan dengan kota ini.

Pada awalnya Cirebon berasal dari kata sarumban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang di bangun oleh Ki Gedeng Tapa. Beberapa lama kemudian Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian di beri nama Caruban (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Di beri nama demikian karena di sana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa di antaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur - unsur budaya bangsa Arab, agama, bahasa, dan adat istiadat. kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon.

Nah, sekarang mari kita ke topik pembahasan mengenai tempat wisata di Cirebon, dimana saja ya kira - kira tempat wisata yang menarik dan seru untuk kita kunjungi? Berikut ini Dambiro Tour & Travel rangkum untuk anda, diantaranya:

1. Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton menjadi tempat wisata di Cirebon yang wajib anda kunjungi, tempat ini sangat terawat dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Cirebon. Keraton ini sangat megah dan paling keren di Cirebon, sangat sayang sekali kalau kita lewatkan. Lokasinya ada di Jl. Jagasatru, Cirebon. Anda bisa menemukan keraton ini dengan mudah keraton ini dilakukan sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati). Terdapat museum di dalamnya, berisi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Dahulu, nama keraton ini adalah Keraton Pakungwati sebagai bentuk penghormatan kepada Pangeran Mas Mochammad Arifin yang juga bergelar Panembahan Pakungwati I.


Di bangunan ini anda akan melihat akulturasi budaya jawa, sunda, China, India, Arab dan Eropa. Keberadaan dua patung macan putih di gerbang keraton melambangkan bahwa Kesultanan Cirebon merupakan penerus Kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan pengaruh agama Hindu pada masa itu. Gerbang yang menyerupai pura di Bali, ukiran daun pintu gapura yang bergaya Eropa, pagar Siti Hingilnya dari keramik Cina, serta tembok bata merah khas Jawa yang mengelilingi keraton merupakan fakta akulturasi tersebut. Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas dan melihat ke dalam kita harus membayar Rp. 8.000 .

2. Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman juga menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Cirebon. Keraton inilah yang pada mulanya merupakan pusat peradaban Kesultanan cirebon. Namun, seiring perkembangannya, kesultanan Cirebon terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon.


Keraton ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan Islam di bumi Cirebon. Keraton Kanoman di bangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada tahun 1588.


Lokasi keraton ini berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon. Disini anda bisa melihat benda-benda peninggalan sejarah, seperti yang paling terkenal adalah Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana yang masih terawat dan terjaga hingga kini. Untuk dapat masuk ke dalamnya, pengunjung hanya harus membayar sekitar Rp. 5000 saja. Bagaimana anda tertarik? Jangan sampai terlewatkan ya.

3. Taman Ade Irma Suryani Cirebon
Objek wisata di Cirebon selanjutnya adalah Taman Ade Irma Suryani. Dahulunya taman ini namanya adalah Taman Traffic Garden Cirebon. Di taman ini kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, lokasinya tepat berada di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon. Di sini anda bisa menikmati berbagai fasilitas permainan, terutama untuk anak - anak, ada juga kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa acara musik di hari Minggu yang di dukung banyak artis terkenal. Inilah sebab mengapa Taman Ade Irma Suryani adalah salah satu tempat wisata keluarga di Cirebon yang populer.


Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke taman ini? Lokasinya ada di Jl. Yos Sudarso, Cirebon. Kita bisa menemukan taman ini dengan mudah.

4. Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon
Satu lagi bangunan peninggalan sejarah di Cirebon yang menarik untuk kita kunjung, Taman sari Gua Sunyaragi. Lokasinya ada di Jl. Brigjen Darsono, Kel. Sunyaragi, Cirebon. Cagar budaya di atas lahan seluar kurang lebih 1,5 Ha. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon sekitar tahun 1703. Adapun filosofi nama cagar budaya ini adalah Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, atau tempat untuk bermeditasi (menyepi).


Di area ini ada 18 bangunan peninggalan sejarah yang merupakan perpaduan budaya Indonesia dan China. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi situs sejarah yang satu ini? Untuk dapat masuk kita harus membayar tiket RP. 10.000 saja. Datanglah pada pukul 8 pagi hingga 4 sore, terbuka untuk umum.

5. Destinasi Wisata Banyu Panas Palimanan
Objek wisata di Cirebon yang selanjutnya adalah Banyu Panas Palimanan. Sesuai dengan namanya, anda bisa menikmati mandi air panas sampai puas disini. Dengan mandi air panas, maka tubuh kita akan segar kembali, ada banyak manfaat mandi air panas, aliran darah kita menjadi lancar, membunuh kuman dan bakteri.


Objek wisata keluarga di Cirebon yang  satu ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan, bagi anda yang tertarik untuk mandi disini, lokasinya ada di dalam wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon (Jalan Raya Cirebon – Bandung KM. 20).

6. Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid ini merupakan peninggalan keraton Pakungwati, pada mulanya masjid juga bernama masjid pakungwati. Lokasi masjid ini ada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton.


Nah, inilah salah satu tempat siar islam tersebar, di tempat ini Sunan Gunung Jati menyusun dan bermusyawarah tentang rakyatnya bersama para ulama lainnya. Sunan Gunung Jati menjadi sultan Cirebon yang pertama, dan masjid ini merupakan salah satu saksinya. Pada lokasi mihrab, terdapat tiga buah batu tegel lantai khusus yang dulu di pasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga.


Jika anda ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Masjid ini, untuk Sholat tentunya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo. Pintu masuk ke bangunan utamanya yang sungguh kecil membuat Anda harus membungkuk untuk masuk, inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pasangan dari Masjid Agung di Demak. Di masa ketika pembangunan Masjid Agung Demak di lakukan, Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon. Alamat lengkap masjid ini berada di Jl. RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan, Cirebon (dalam kompleks Keraton Kasepuhan).

7. Tempat Wisata  Terkenal Batik Trusmi Cirebon
Nah ini dia tempat pengrajin dan penjual batik yang terkenal di Cirebon. Konon, Trusmi merupakan nama seorang tokoh, murid dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi, yang mengajarkan Islam kepada penduduk sekaligus cara membatik. Anda bisa menemukan aneka motif batik yang keren di sini. Produksi batik Cirebonan terdiri dari batik Tulis, batik Cap, dan batik kombinasi tulis cap. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini adalah salah satu yang disukai oleh banyak wisatawan yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga yang lebih murah dan berkualitas. Lokasinya ada di Trusmi Kulon, Plered, Cirebon.


8. Wahana Bermain Waterboom Siwalk di Cirebon
Anda mau liburan seru di Cirebon? Anda bisa mengunjungi Siwlak. Ada banyak sekali wahana di sini, salah satunya ada waterboom Siwalk. Lokasinya ada di desa Setu Patok, Kec. Mundu, berjarak sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu. Objek wisata Cirebon yang satu ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, di kelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan indah dan alami adalah daya tarik dari taman yang sering di jadikan sebagai salah satu tempat outbond di Cirebon yang disukai.


Ada banyak wahana permainan di tempat wisata Cirebon ini, di antaranya ATV, flying fox, zona petualangan, speed boat, pemancingan, hingga kolam renang. Menyewakan perahu getek untuk menikmati panorama indah di Setu Patok adalah cara lain yang menarik untuk di lakukan di area wisata ini. Tak ayal, destinasi wisata di Cirebon ini sungguh menarik untuk di jadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon. Jika Anda menyukai olahraga golf, Anda dapat memainkannya di Taman Wisata Siwalk. Untuk dapat masuk kawasan wisata, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Taman Wisata Siwalk sebesar Rp 3.000 per orang.

9. Danau Setu Patok


Situ ini masih berada di Siwalk, lokasinya sama di kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.
Disini anda bisa menikmati banyak fasilitas seperti Pondok Wisata, Golf Driving, Swimming Pool, Waterboom, Tempat Pemancingan, Terapi Ikan, Paintball, Outbond, Flyingfox, Atv Off Road, Family Off Road, Perahu boat, Taman hijau, dan ada penginapannya juga gan, villa.
Lengkap semua, anda bisa menikmaati liburan seru bersama keluarga atau teman.

10. Wanawisata Ciwaringin


Satu lagi tempat wisata alam di Cirebon yang tidak boleh di lewatkan, wanawisata Ciwaringin. Lokasinya ada di Desa Ciwaringin. Di kawasan hutan wisata ini banyak terdapat kayu putih. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas memancing bisa memancing di Danau Ciranca. Di tempat ini juga tersedia arena motor cross. Tidak heran bila kawasan Wanawisata Ciwaringin selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota.
Bagi yang menginginkan suasana yang asri, pemandangan yang indah serta udara yang sejuk, di sinilah tempatnya.

11. Tempat Wisata Kuliner Desa Wisata Cikalahang Cirebon
Sebenarnya bukan hanya kuliner saja, disini anda juga bisa menikmati memancing di Desa Wisata Cikalahang.


Kamu bisa memancing ikan sendiri di kolam pemancingan kemudian meminta pengelola untuk memasaknya menjadi ikan bakar nan lezat dan mantap. Kawasan wisata ini terletak sekitar 6 km dari Kota Sumber dan 1 km dari jalan alternatif Cirebon Majalengka. Kondisi lingkungan di tempat ini masih sangat asri sehingga sangat nyaman untuk di jadikan tempat wisata. Bagaimana? Pasti seru rasanya kita menikmati ikan hasil pancingan kita sendiri. Apalagi ikan bakar ajib rasanya.

12. Situ Sedong
Waduk ini kini juga berfungsi sebagai tempat wisata, anda bisa berkeliling waduk dengan menyewa boat. Lokasi waduk ini ada di Kecamatan Sedong, Waduk ini adalah waduk buatan yang digunakan untuk menampung air hujan dan air sungai untuk pengairan pertanian. Selain fungsi utamanya sebagai waduk, Situ Sendok mempunyai pemandangan alam yang sangat indah sehingga di fungsikan sebagai tempat wisata.


Cara menikmati keindahan Situ Gendong adalah dengan berjalan memutar ke sebelah kiri dari jalan masuk. Untuk melihat keindahan Situ Gendong, kamu bisa mengunjunginya ketika sore hari dimana sinar matahari sudah tidak terlalu terik dan cuaca berubah menjadi lebih sejuk. Selain itu kamu bisa menyaksikan sunset di Situ Sedong yang akan membuat kamu mengela nafas karena keindahannya. Di Situ Gendong kamu juga bisa memancing tanpa dipungut biaya.

13. Wahana Bermain Taman Ade Irma Suryani (Waterland)
Satu lagi wahana bermain di Cirebon yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Waterland Ade Irma. Lokasi waterland ini ada di Jalan Dipenogoro Kota Cirebon, lokasinya berdekatan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon. Kehadiran tempat ini diharapkan juga dapat menarik wisatawan dari luar daerah Cirebon dan  tidak menutup kemungkinan untuk wisatawan mancanegara singgah di tempat ini.


Ade Irma Suryani Waterpark ini memiliki tiga macam kolam air yang tak jauh dari pintu masuk waterpark. yaitu waterboom khusus untuk anak - anak, kolam berarus untuk anak maupun dewasa dan kolam renang olimpic berkedalaman 1,5 meter bagi dewasa. Tak hanya kolamnya saja, Wahana taman bermain darat juga tak kalah ramainya.


Taman ini di lengkapi dengan pasir putih layaknya di pantai, ada ayunan serta miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Melalui tangga dan jembatan rintangan, pengunjung juga bisa naik kapal. Saat ini, manajemen Waterpark juga tengah menyiapkan wahana lain, yaitu speedboot, Waterboom untuk dewasa dan wahana ombak air, pengelola saat ini juga berencana melengkapi tempat ini dengan restoran jepang. Di tempat ini juga menyediakan cottege yang saat ini tersedia 18 unit yang siap digunakan untuk tempat istirahat.

14. Wisata Kuliner Enak Nasi Jamblang Khas Cirebon
Anda mau mencoba kuliner khas Cirebon yang Enak? Nasi Jamblang adalah salah satunya. Ada banyak sekali penjual nasi Jamblang yang enak di Cirebon. Sega Jamblang, atau sego Jambalng atau Nasi Jamblang disajikan dengan daun jati, kalau dulu supaya tahan lama dan rasanya tetap enak. Rahasia daun jati ini terletak pada pori - pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun di simpan dalam waktu lama.


Nasi yang terbungkus daun jati itu berukuran satu genggaman tangan orang dewasa. Lauk pauknya beragam. Ada sambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, tahu sayur, paru, semur hati, semur daging, perkedel, telur dadar, telur masak sambal goreng, tahu dan tempe goreng, serta blakutak. Blakutak  ini merupakan makhluk laut seperti cumi - cumi, namun di masak bersama tintanya. Saat di santap, tinta hitamnya akan menempel di bibir dan lidah. Rasa blakutak ini benar-benar maknyus! Lauk - pauk yang di tawarkan berjumlah cukup banyak. Di warung Mang Dul misalnya, mencapai 20 macam. Sementara di warung Bu Marni ada belasan macam lauk-pauk yang bisa dipilih.

15. Wisata Kuliner Empal gentong Khas Cirebon
Kuliner lainnya yang harus anda coba juga saat berkunjung ke Cirebon adalah Empal Gentong. Anda harus mencoba empal Gentong di warung Empal Gentong Bu Darma. Lokasinya ada di Jl. Slamet Riyadi, Krucuk No 1 yang aslinya adalah Empal Gentong Mang Darma. Warung makan ini terletak di belokan lampu merah Krucuk Siliwangi dan selalu ramai dikunjungi oleh para pelanggannya, terutama pada saat jam makan siang yaitu antara pukul 12.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.


Penjual Empal Gentong lainnya adalah Empal Gentong Amarta, Empal asem di sini sangat enak, apalagi jika di tambah dengan sambal hijau dan krupuk. Empal asem ini berbeda dengan empal gentong karena tidak memakai santan. Empal ini berisi potongan daging sapi dan jeroan. Di dalam empal asem ini terdapat irisan belimbing wuluh sehingga rasanya menjadi lebih segar. Lokasi rumah makan empal gentong Amarta ini terletak di Jl. Ir. Haji Juanda Nomor 37 Plered.

16. Tempat Romantis di Bukit Gronggong
Saat malam hari, tiba jangan lupa untuk mengunjungi tempat paling romantis di Cirebon, yaitu bukit Gronggong. Bukit ini menjadi salah satu tempat untuk makan yang sangat di gemari karena suasananya yang sangat romantis.


Lokasinya berada di tengah jalur antara Cirebon dengan  Kuningan. Tempat wisata romantis bagi kalangan muda ini sering di kunjungi di sore hari menjelang malam demi melihat keindahan lampu - lampu kota Cirebon dari atas bukit. Anda hanya di kenakan tarif parkir sebesar Rp. 2000,- saja dan silahkan membeli makanan yang tersedia di resto - resto yang tersedia.

17. Telaga Remis


Satu lagi objek wisata di Cirebon yang menarik untuk kita kunjungi, telaga Remis. Telaga Remis sendiri merupakan danau indah di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Anda akan kagum dengan keindahan tempat wisata yang sejuk dengan air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas. Di sini terdapat remis (kerang air tawar) yang lezat dan mengandung protein tinggi. Pada sisi telaga yang berbatasan dengan hutan, sering di jadikan sebagai lokasi foto pre wedding yang memikat.

18. Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon


Saat berkunjung ke Cirebon janga lupa untuk berziarah ke makan Sunan Gunung Jati.
Lokasi makamnya ada di jalan raya Sunan Gunung Jati, tidak jauh dari pusat kota. Makam ini tersusun atas sembilan tingkat dan memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik, kombinasi budaya Jawa, Arab dan China (terlihat pada hiasan keramik). Pada hari - hari khusus, makam ini sangat ramai dikunjungi oleh peziarah. Kita di anjurkan untuk berziarah untuk mengambil pelajaran dari sana, bahwa semuanya akan kembali kepadanya, tidak mengenal usia dan kedudukan.

19. Objek Wisata Pantai Kejawanan di Cirebon
Objek Wisata Pantai Kejawanan di Cirebon ini adalah objek wisata yang terakhir dari kami. Pantai Kejawanan berada di Jln. Yos Sudarso, Kota Cirebon. Lokasinya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan Ade Irma Traffic Garden Cirebon. Biasanya pengunjung menyewa perahu karet yang tersedia di wilayah ini dengan tarif Rp. 20.000. Jika anda ingin melepas penat sambil merasakan desiran angin pantai yang lembut menerpa wajah, Pantai Kejawanan adalah salah satu tempat yang direkomendasikan.


Anda tertarik untuk liburan ke pantai Kejawanan?
Bagaimana? Seru sekali bukan? Ternyata ada banyak tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk di kunjungi bukan? Tunggu apalagi, segera buat rencana perjalanan ke Cirebon, tentukan tempat mana saja yang akan kita kunjungi, sesuaikan dengan budget. Oh ya, jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata ke Cirebon ini kepada yang lainnya ya, agar yang lain juga tahu ada banyak Tempat Wisata di Cirebon yang Menarik untuk di kunjungi, semoga bermanfaat.
Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya