Sabtu, 21 Mei 2016

Tempat Wisata di Pekalongan

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pekalongan? Kalau nama Kota ini di sebut, kira - kira apa yang langsung terbayang oleh anda? Ya, pastilah anda akan langsung terbayang batik. Memang, Pekalongan terkenal sebagai kota batik. Namun, siapa sangka selain batik ternyata ada banyak tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk kita kunjungi. Pekalongan sendiri berjarak berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 sebelah timur Jakarta. Batik yang terdapat di Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. Kota Pekalongan masuk jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art pada Desember 2014 dan memiliki city branding World’s city of Batik.

Bagi warga aslinya, beberapa tempat wisata di Pekalongan berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi, nah bagi wisatawan dari Jawa Tengah atau daerah lainnya di Indonesia yang hendak liburan di Pekalongan, sebaiknya mengetahui destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi, begitu juga untuk warga aslinya kalau belum pernah menjelajah Pekalongan, rugi deh, sekarang saatnya keluar dan menjelajah bumi Pekalongan yang indah yang akan Dambiro Tour & Travel informasikan ini.

Tempat Wisata di Pekalongan

Berikut ini Dambiro Tour & Travel rangkum dalam tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk kita kunjungi :

1. Pantai Pasir Kencana
Tempat wisata di Pekalongan yang harus anda kunjungi yang pertama adalah pantai pasir kencana. Pantai yang merupakan tujuan wisata favorit di Pekalingan ini dekat dengan pusat Kota hanya berjarak 4 KM saja. Tidak heran kalau pantai ini selalu ramai dan terkelola dengan baik. Di sini anda bisa bermain air sepuasnya. Pada saat sunset, anda akan menyaksikan pemandangan indah yang menawan, membuat anda melupakan semua permasalahan yang ada.


Tidak hanya pantai saja, di sini juga ada akuarium dan koleksi biota laut yang mirip kayak miniatur Seaworld. Kalau mau kamu juga bisa melipir sedikit dan menemukan pelabuhan serta tempat pelelangan ikan yang penuh dengan hiruk-pikuk aktivitas nelayan lokal. Juga terdapat jembatan kanal, batu pembatas ombak, sampai panggung hiburan. Berbagai fasilitas telah tersedia di pantai ini antara lain taman bermain, panggung terbuka, bangku dan taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain yang memanjakan para pengunjung.

2. Curug Muncar
Tempat wisata di Pekalongan berikut ini adalah air terjun yang indah dan sangat sayang untuk kita lewatkan. Air terjun atau Curug ini berada di Curug Muncar sesuai dengan nama air terjunnyaa, Curug Muncar. Curug Muncar terdapat pada ketinggian 1.249 mdpl yang di kelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Curug Muncar terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, atau sekitar 30 Km dari Kajen, ibu kota Kabupaten Pekalongan.


Terletak di hutan milik Perhutani, Curug Muncar memang menawarkan pesona yang sejuk dan asri. Untuk mencapai curug ini memang membutuhkan perjuangan ekstra, berliku dan mendaki, namun setelah sampai ke area curug ini, semua lelah akan sirna. Jika anda liburan di Pekalongan, jangan sampai melewatkan objek wisata alam yang indah dan alami yang satu ini.

3. Curug Bajing
Masih ada Curug Bajing yang tidak kalah menarik untuk kita kunjung di Pekalongan. Curug ini juga memiliki keindahan alam sekitar yang sangat mempesona. Jika anda liburan di Pekalongan, curug Bajing harus masuk dalam daftar kunjungan anda. Curug ini juga berada diketinggian, yaitu sekitar 1300 mdpl, wajar kalau hawa sejuknya bikin betah berlama - lama di sini, apalagi kalau bersama “si cinta”.


Curug dengan ketinggian sekitar 70 meter ini terletak di desa Telogo Parkis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan. Bagi anda yang hendak mencapai air terjun ini, anda harus trekking selama 15 menit dari lokasi parkir. Sembari menikmati keindahan curug, kamu bisa menikmati kopi hutan khas kawasan ini. Curug ini masih sangat asri, karena lokasinya jauh dari pemukiman warga. kita harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari parkiran untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Debet air di curug ini cukup tinggi. Air terjun ini terdiri atas beberapa tingkat dengan bentuk seperti perosotan batu.

4. Pantai Slamaran
Tempat wisata di Pekalongan yang berupa pantai selanjutnya adalah Pantai Slamaran Indah yang lokasinya masih berada di dekat pantai pasir kencana dan hanya di pisahkan oleh pelabuhan. Pantai Slamaran ini memiliki mitos yang melekat pada masyarakat sekitar, yaitu kisah Dewi Lanjar.


Alkihsah, dahulu kala ada seorang gadis yang bernama Dewi Lanjar. Dewi Lanjar adalah seorang perempuan muda yang merana di tinggal mati suaminya. Singkat cerita, Dewi Lanjar ini moksa dan menjadi bawahan Ratu Kidul. Oleh Ratu Kidul, ia di perintahkan untuk menghalangi Raden Bahu membuka hutan, tapi karena kesaktian Raden Bahu, Dewi Lanjar pun takluk. Ia pun memohon izin untuk di biarkan menempati laut Pekalongan. Menurut kepercayaan warga setempat, keraton Dewi Lanjar terletak di Pantai Slamaran ini. Sesekali, kamu bisa menemukan pengunjung yang sedang melakukan ritual untuk menghormati Dewi Lanjar.

5. Museum Batik Pekalongan
Nah, ini dia salah satu tempat wisata di Pekalongan yang memamerkan aneka kerajinan batik, Museum batik Pekalongan. Kalau anda berada di Pekalongan, Museum ini menjadi destinasi liburan yang wajib kamu kunjungi.


Lokasi Museum Batik Pekalongan ada di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan ini menampung ratusan koleksi mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter.
Dengan harga tiket masuk yang tergolong murah, kamu bisa melihat - lihat beragam koleksi batik Nusantara yang terbagi ke dalam tiga ruang pameran.

6. Pantai Depok pekalongan
Selain dua pantai di atas, masih ada lagi pantai yang menarik untuk kita kunjungi di Pekalongan, yaitu Pantai Depok. Nah? Pantai Depok kok di Pekalongan ya? Ya, memang, pantai ini berada di Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Jadi, bukan di Depok Jawa Barat.


Selain panoramanya yang elok, ombaknya yang tenang membuat kamu betah bermain air di sini. Apalagi, pohon nyiur di sekitar pantai gak cuma bikin tempat ini terasa teduh, tapi juga romantis untuk di kunjungi bareng pasangan. Suara gesekan daun nyiur yang tertiup angin berpadu dengan deburan ombak bikin hati terasa adem.

7. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
Anda suka kegiatan mendaki gunung? Di Pekalongan ada destinasi wisata yang harus kamu taklukan, yaitu gunung Kedalisodo. Di Puncak Gunug Kendalisodo ini ada puncak Hanoman yang menjadi salah satu spot wisatawan untuk berkumpul dan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.


Gunung ini berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Memang, gunung ini sebelumnya lebih di kenal sebagai tempat semedi. Tapi, pecinta alam serta warga lokal menjadikannya sebagai salah satu gunung tujuan pendaki. Meski tingginya cuma 1.697 mdpl, jalur pendakiannya cukup curam dan menantang. Yang penting, persiapkan dirimu sebaik - baiknya sebelum mulai mendaki dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, ya!

8. Linggo Asri
Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang wajib di kunjungi, Linggo Asri. Linggo Asri merupakan objek wisata terpadu yang ada di tepi jalan lintas provinsi. Lokasinya yang strategis membuat Linggo Asri menjadi salah satu tujuan wisata di Pekalongan yang ramai di kunjungi, apalagi pada saat akhir pekan.


Di sini menawarkan berbagai arena bermain untuk keluarga, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, sampai wisata outbond seperti flying fox, arung jeram, dan trekking di hutan.


Berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl membuat tempat ini memiliki hawa yang sejuk. Apalagi, di tambah dengan panorama pedesaan dan pepohonan hijau di sekelilingnya, membuat objek wisata ini menjadi salah satu pesona Pekalongan yang wajib kamu singgahi. Bagiamana? Sangat lengkap bukan? Linggo Asri harus masuk dalam daftar kunjungan wisata di Pekalongan.

9. Kebun Teh Pagilaran
Anda ingin berlibur ke tempat yang adem, sejuk dan asri? Salah satu tempat wisata di sekitar Pekalongan yang menawarkan keindahan alam, udara yang bersih dan segar, serta pemandangan yang menghijau adalah kebun teh Pangilaran. Kebun teh ini memang letaknya bukan di Pekalongan, namun jaraknya hanya 40 Km dari pusat Kota Pekalongan, tepatnya ada di Perbukitan Dieng dan masuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.


Sejuknya udara serta hamparan hijau tanaman teh sudah pasti akan menyegarkan pikiran kita. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi kebun teh yang menghijau sepanjang mata memandang ini? Wisatawan yang datang ke Pekalongan juga menjadikan kebun teh ini sebagai destinasi wisata mereka. Dambiro Tour & Travel juga dapat mengajak anda kesini loh dengan paket wisatanya / paket study tour / paket family gathering / paket outbound. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut, ayo hubungi tim marketing Dambiro Tour & Travel segera.

10. Desa Wisata Lolong
Anda suka makan durian? Siapa sih yang bisa menolak kelezatan durian? Nah, ada satu desa yang merupakan penghasil durian di Pekalongan yang bisa anda kunjungi, yaitu desa Lolong.


Desa Lolong juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk kita kunjungi. Lokasinya ada di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.
Di desa ini terdapat banyak sekali perkebunan durian yang bisa di nikmati pada saat musim durian. Buat para pencintanya, durian sudah seperti buah yang berasal dari surga. Walaupun punya bau yang cukup menyengat, durian tetap punya banyak penggemar. Selain itu di Desa Lolong juga terdapat wisata adventure seperti river tubing di Sungai Sengkarang.

11. International Batik Center
Selain Museum Batik Pekalongan, anda juga bisa mengunjungi International Batik Center yanga ada di  jalan Ahmad Yani. International Batik Center merupakan kawasan terpadu yang menjual berbagai jenis kerajinan batik. Kamu bisa mendapatkan segala jenis batik di sini.


International Batik Center berdiri di atas lahan seluas 4 hektare di jalur Pantura lokasi tepatnya di jalan A Yani Nomor 573 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Kalau anda liburan di Pekalongan, jangan sampai tidak mengunjungi tempat ini ya.

12. Gunung Rogojembangan
Selain gunung Kedalisodo, ada juga gunung gunung Rogojembangan yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mendaki. Lokasi Gunung ini berada di perbatasan wilayah kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara. Jalur pendakian utama gunung ini adalah melalui desa Gumelem, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan.


Gunung Rogojembangan merupakan puncak tertinggi dalam rangkaian Pegunungan Serayu Selatan. Tinggi gunung ini mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking ke puncak, kita juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar Gunung Rogojembangan. Salah satunya adalah Curug Muncar yang berada di lereng gunung pada ketinggian sekitar 1.249 mdpl.

13. Wisata Misteri Watu Ireng
Anda suka dengan hal - hal yang berbau misits? Ada satu tempat wisata di Pekalongan yang menawarkan suasan mistis kepada wisatawan yang datang berkunjung, watu ireng.
Sesuai namanya, “Watu Ireng” artinya “batu hitam” terletak di Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, 17 kilometer ke arah selatan dari Kajen, tempat wisata di Pekalongan ini bernuansa misteri.


Batu hitam yang terletak di sana di perkirakan mempunyai rongga, namun sampai sekarang tidak ada seorang pun tahu asal mulanya. Boleh juga di kunjungi bila kamu penggemar fenomena alam yang misterius.

14. Pantai Wonokerto
Satu lagi tempat wisata Pekalongan berupa pantai yang bisa kita kunjungi, yaitu Pantai Wonokerto. Pantai Wonokerto berlokasi di desa Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, Pekalongan. Wah, namanya serba Wonokerto ya. Di dekat pantai ini terdapat tempat Pelelangan ikan ( TPI ). Pantai ini bisa di capai dari jalur pantura kurang lebih dalam waktu 20 menit. Bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil.


Jalan menuju ke pantai Wonokerto sudah beraspal. Namun ada beberapa bagian jalan yang kurang baik karena terendam air rob. Bila berkunjung ke Pekalongan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Wonokerto. Di pantai ini anda bisa bermain pasir dan bermain air sepuasnya. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menuju ke tengah laut.

15. Bukit Pawuluhan
Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu bukit Pawuluhan. Destinasi wisata ini merupakan saran dari netizen yang berasal dari Pekalongan.  Di sini kita bisa menikmati pemandangan indah dan menawan dari ketinggian, lokasinya ada di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.


Dari bukit ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar. Bila beruntung pada pagi hari kita juga bisa menikmati sunrise yang cantik dari bukit ini. Untuk mencapai puncak bukit ini di perlukan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki. Memang, melelahkan, namun setelah sampai di puncak, rasa lelah itu akan sirna seketika.

16. Mangrove Park
Mangrove Park menjadi salah satu tempat wisata terbaru di Pekalongan. Objek wisata alam ini berlokasi di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Tempat ini dahulunya merupakan tambak udang milik Dinas Pertanian Kota Pekalongan yang kemudian di tanami dengan pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut sekaligus untuk tempat wisata.


Menurut netizen, Mangrove Park ini juga menarik untuk di kunjungi, jadi jangan sampai terlewatkan ya kalau berkunjung ke Pekalongan.

17. Pusat Grosir Setono
Kurang lengkap rasanya ke Pekalongan kalau tidak berbelanja, terutama membeli batik untuk buah tangan yang di rumah. Salah satu tempat wisata belanja di Pekalongan adalah pusat Grosir Sentono.


Pusat grosir Senoto terletak di jalur pantura. Di tempat ini kita bisa menemukan berbagai jenis kain batik yang beragam dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa membeli aneka batik dengan harga yang terjangkau. Wah rugi rasanya kalau tidak memborong batik Pekalongan yang sangat terkenal dengan motif - motif nan cantik dan indah.

18. Sego Megono
Sego Megono merupakan salah satu kuliner khas Pekalongan yang wajib kita cobain saat liburan di Pekalongan. Nasi ini berbahan nangka muda yang di cincang halus dengan balutan bumbu kelapa yang gurih dan pedas. Paling enak di makan bersama nasi yang masih hangat di temani lauk ikan goreng atau telur serta terik tahu tempe.



Ada juga tauto, yaitu makanan sejenis soto tapi rasanya di perkaya dengan tauco, yaitu semacam bumbu yang berasal dari kedelai sehingga memberikan rasa yang khas. Tauto juga dilengkapi dengan irisan daging dan jeroan serta di makan bersama nasi seperti halnya soto.

19. Curug Bidadari Jolotigo
Tempat wisata di Pekalongan yang terakhir dari kami adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menjadi salah satu yang lagi hits di Pekalongan, yaitu Curug Bidadari. Curug Bidadari ini sering di sebut juga curug Batu Dinding Kolam Lima, karena di sekitar air terjun ini terdapat lima ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang, yang sering di gunakan untuk mandi dan berenang, mulai yang dangkal sampai yang kedalamannya belum terukur. Dan juga di sisi kanan kirinya terdapat batu tebing yang tinggi menjulang.
Curug bidadari ini berada di desa Purbo Jolotigo, kecamatan Talun, kabupaten Pekalongan. Tetapi karena pintu masuk ke lokasi wisata ini dari desa Silurah, kecamatan Wonotunggal, kabupaten Batang dan di kelola oleh warga setempat jadi curug ini lebih populer disebut curug Bidadari Batang.


Kalau kita sudah memasuki gerbang desa Silurah, sekitar 2 km kita akan menjumpai gang di sebelah kanan jalan, dengan gapura bertuliskan “Situs Sejarah Patung Ganesha, dan air terjun Kalirogno”. Air terjun yang tertera memang bukan curug Bidadari, tapi curug Kalirogno karena memang yang di temukan lebih dulu curug Kalirogno. Setelah itu kita memasuki gang tersebut sekitar 1 km dengan jalan yang agak rusak kita akan nenemui pertigaan lokasi wisata dengan papan Selamat Datang. Jika di hitung total waktu tempuh dari pantura sampai di sini, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang (±50km/jam).
 
Bagaimana? Ada banyak sekali bukan tempat wisata di Pekalongan. Untuk apa kita jauh - jauh ke luar negeri kalau Indonesia punya banyak tempat wisata yang tentunya lebih menarik serta lebih indah dari tempat lainnya. Itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan yang dapat Dambiro Tour & Travel informasikan. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada yang lainnya juga ya, supaya yang lainnya tahu ada banyak tempat wisata yang menarik di Pekalongan.
Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya