Rabu, 27 Maret 2019

PO Laju Prima

Profil Perusahaan

Memiliki nama besar di dunia bus pariwisata dan antar jemput karyawan, tak berarti mudah masuk ke jalur bus trayek antar kota antar provinsi. Jatuh bangun harus dirasakan, salah satu sayap bisnis Hiba Utama Grup di jalur antar kota. Diperlukan waktu dua tahun untuk menarik perhatian pelanggan. Sebelum mencoba masuk ke trayek bus malam, PO Laju Prima mencari jalur yang mudah yakni trayek jarak dekat di seputar Jakarta.

Akhir tahun 1990-an, pimpinan Hiba Utama mencoba mengembangkan usaha transportasi bus yang sudah berdiri sejak 1949. Pilihannya mengembangkan usaha pada jalur bus antar kota. Ada PO Laju Utama, PO Laju Prima dan PO Bela Utama yang menjadi perintis jalur antar kota.


Bermodalkan armada milik Hiba Utama Pariwisata, PO Laju Prima mulai melayani rute Merak-Bandung dan Merak-Kampung Rambutan di tahun 2002. Langkah ini diambil menyusul pembukaan jalur Sukabumi-Pulogadung di tahun 2000 menunjukkan respon positif. Cara ini cukup strategis, dengan jarak tempuh yang dekat, dan armada warisan perusahaan induk, modal yang dikeluarkan relatif murah untuk sebuah investasi awal. Kematangan manajemen Hiba Utama mengelola anak usahanya terlihat dalam mengelola bus bertrayek antar kota. Dengan jarak yang pendek, mereka bisa mengoperasikan berapapun armada yang dibutuhkan, karena relatif mudah dikelola.







Penambahan armada juga dilakukan dengan mempertimbangkan permintaan dari pelanggan. Kejelian melihat peluang juga menjadi modal tersendiri. Trayek Bandung-Jambi misalnya, dipilih mengganti Jakarta-Padang karena angkutan bus relatif bisa bersaing khususnya dari sisi tarif. Kini setelah lebih dari sepuluh tahun beroperasi, PO Laju Prima melayani sedikitnya 30 trayek dengan jumlah armada yang dimiliki lebih dari 200 unit bus.

Berikut adalah sebagian lokasi keberangkatan bus Laju Prima untuk wilayah Jabodetabek :
Cileungsi
Ciawi
Margonda
Pal
Parung
Ciputat
Pondok Labu
Lebak Bulus
Ciledug
Poris
Kalideres
Grogol
Bekasi
Karawang
Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar di sini ya